Monday, August 29, 2005

Akibat Kentut Lastri: Bo-Sem jilid 2

Biang kerok si bau tidak sedap di kelas kalkulus akhirnya ditemukan, menjadikan kelas pak Dosen alias pak Panjaitan semakin ribut. Maklum yang kentut adalah Lastri yang terkenal cantik, lemah lembut, pintar, ramah supel..pokonya dia bak wanita2 dalam dongeng. Rasanya sulit membayangkan wanita seperti Lastri bisa kentut seheboh itu.Pikir Parto. Rasanya lebih cocok kalau yang kentut adalah Siti yang gendut dan tomboy dan yang pasti cerewet, atau si Tagor biang ribut dikelas. Ahh.. tapi itu toh hanya pikiran2 nonsense manusia..yang selalu menjudge sesuatu yang negatif berdasarkan penampilan seseorang. Itu tidak fair-tidak objective. Pikir Parto lagi.’Kalau kentut mustinya ngomong dong atau pergi kek..’ seru Parto akhirnya dengan agak jengkel, krn sejak pak dosen menerangkan soal sembukan dan kentut, dia merasa hampir semua mata selalu memandang atau melirik ke dia ‘menuduh’. ‘Sorii dong to’ kata Lastri dengan perasaan bersalah. Pantesan aku kena tuduh, pikir Parto yang duduk didekat Lastri. Berapa kilo sembukan yang dia makan sepagi ini ya? Pikir Parto. ‘Ehemm..makanya To.. hati-hati kalau duduk dekat Lastri..’ kata Cecep dengan nada menggoda. ‘Harumnya..bunga2 cinta bisa kalah ternyata oleh harumnya kentut Lastri’ Goda Cecep lagi sambil ketawa, tahu kalau Parto naksir Lastri. Tak layak kelas semakin ribut. Siapa sih laki-laki yang nggak kepincut dengan Lastri? Siapa laki-laki yang tidak pengen duduk dekat lastri? Walau begitu Parto termasuk tahu diri, tdk begitu gegabah ingin memiliki Lastri. Sejarah cintanya cukuplah sudah, ketika Jonggrang menolaknya.

‘Pak apa sih kentut itu?’ tanya Parto mencoba mengalihkan godaan Cecep. Pak Panjaitan segera berusaha menenangkan kelas dengan menerangkan apa itu kentut. Kentut itu berasal dari gas yang ada dalam usus (intestin) kita, datangnya dari bermacam sumber, seperti udara yang kita hirup, gas yang masuk ke usus lewat darah, gas hasil dari reaksi2 kimia dalam usus kita, gas yang diproduksi oleh bakteri2 dalam usus dan lain2. Komposisi gas kentut ini macam2, umumnya udara yang kita hirup adalah oxygen yang diserap oleh tubuh sebelum gas masuk ke dalam usus. Ketika udara masuk kedalan usus besar, yang tertinggal paling banyak adalah nitrogen. Reaksi2 kimia antara asam dilambung dan cairan di usus bisa menghasilkan carbon dioxide. Disamping itu bakteri2 dalam usus juga memproduksi hydrogen dan methane. Walau begitu proporsi gas yang dihasilkan ini tergantung dari beberapa factor seperti: apa saja yang kita makan, berapa banyak udara yang kita hirup, jenis bakteri yang ada dalam usus kita, seberapa lama kita menahan kentut, semakin lama kita menahan kentut semakin besar proporsi nitrogennya krn gas2 lain cenderung diabsorb oleh darah lewat dinding2 usus.. Orang yang nervous akan menghirup banyak oksigen yang mgkn jika kentut akan banyak oksigennya, krn tubuh tdk punya waktu untuk menyerap oksigen yang begitu banyak.
‘kok kentut bisa bau gitu pak?’ tanya seorang siswa. Bau busuk kentut berasal dari sejumlah kecil gas hydrogen sulfid. Senyawa ini mengandung sulfur. Makin kaya sulfur makin banyak sulfide dihasilkan oleh bakteri2 usus dan makin bau kentut kalian. Makanan seperti telur, daging berpotensi membuat kentut kita semakin bau tdk sedap, sementara kacang2an sebaliknya. Dari mana datangnya bunyi kentut? Bunyi dihasilkan dari vibrasi dari lubang anus yang membuka. Bunyi kentut tergantung dari kecepatan keluarnya gas dan kekencangan otot2 anus.
‘Syukurlah yang kentut Lastri…kelembutan lastri terbukti dengan kelembutan suara kentutnya….’ sahut ucok. Kelas kembali ribut dengan tawa dan teriakan ke Ucok’ merayu lastriii niyeee’.
Lastri hanya tersenyum menganggapi gurauan teman2nya.
‘Untung saja bukan Siti yang kentut, wahh kita pasti sudah hancur lebur deh kayaknya… ibarat kena bom ..suara& getarannya pasti dahsyatt… ..otot lo kan kenceng Sit’ sahut Tagor.
‘Lo kok tau otot pantat gua kenceng..udah ngerasa ya..’sahut Siti tdk mau kalah diledek. Spontan kelas ribut lagi, Tagor menjadi kelimpukan. Maklum tidak ada yang menang kalau ngomong dengan Siti.
‘Pak ada nggak orang yang nggak pernah kentut?’ tanya salah seorang murid.
'Semua orang kentut, sekalipun itu presiden atau tukang becak, sekalipung itu saya ataupun harison ford..atau pierce brosnan.
‘Pak konon kentut perempuan lebih tdk bau ya dari kentut laki2?’ tanya Siti sambil tersenyum cengengesan.
'Wah..Saya tentu tidak mengharapkan seperti itu…Ucap Pak dosen sambil tersenyum. Terdengar teriakan para siswa menyoraki Siti

Waktu berjalan..namun ‘kentut Lastri’ masih tetap menjadi berita hangat dikalangan para siswa. Berita-berita infotainment TV manapun kalah dengan ‘kentut Lastri’. Maklum kentut lastri membawa dampak sampingan yang cukup nyata, tidak sekedar bau yg tidak sedap tapi juga kedekatan Lastri dengan Parto. Gosip tapi bukan gossip adalah Lastri milik Parto, yang pasti mengalahkan berita Roma irama dengan angela lelga.

Apa aku juga harus cerita bagaimana bisa Lastri jadi pacar Parto sejak peristiwa bothok sembukan itu? Mending gak usah ya, malas nyeritainnya, atau nantilah kalau sudah gak malas lagi aku mau deh certain. Yang pasti akibat kentut lastri org jadi tahu sembukan, org jadi tahu apa itu kentut…orang jadi belajar utk tdk gampang menuduh..org jadi belajar utk mau mengakui kesalahan..org jadi belajar utk tidak sombong…selain itu akibat kentut Lastri, Parto jadi pacar Lasti..akibat kentut Lastri juga, ada orang yang patah hati ..si Jonggrang (Lho???)....

jadi mending aku bilang masih bersambung hehehe:P

Kai city 27 August 2005

3 comments:

miraykemuning said...

Pak Panjaitan itu dosen kalkulus atau dosen biologi atau dosen kimia? fasih banget sih nerangin proses buang angin sampe sedetail itu...he he he.

marpuah said...

Pak Panjaitan itu dosen kalkulus yang thesisnya mengenai hubungan linear antara karakteristik kentut dengan sembukan :D

Unknown said...

Hmm...secara kentutnya baunya ampun2an, kali hubungan nggak linier lagi, tapi udah eksponensial:D