Friday, August 07, 2009

Yogyakarta in 7 hours


Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu, masih seperti dulu..setiap sudut mengajakku bersahabat...penuh makna..
bait itu mengingatkan aku selalu pada Yogya! Ada memang yang berubah dari Yogya, tapi bagiku masih tetap sama. Kota yang nyaman, memanjakan penduduknya, tenang, bersih, dan seolah membuat orang menjadi santai..tak perlu dikejar-kejar deadline
Dari Bandung aku cukup dengan Rp 140 000 (US$14)naik kereta Lodaya klas executive, 8 jam perjalanan. Paling enak ambil lah kereta Lodaya pagi jadi bisa lihat pemandangan yang indah sepanjang perjalanan Bandung-Yogya.
Begitu keluar dari stasiun kereta Tugu, lewat jalan depan, kearah sebelah kanan kita sudah akan jumpai jalan Malioboro, jalan paling terkenal bagi turis baik lokal maupun asing. Cari penginapan di Yogya amat gampang, dari mulai harga dibawah Rp.100 000 (US$10) sampai hotel bintang lima, ada semua dekat stasiun kereta Tugu, sepanjang Jalan Malioboro.
Di Yogya semua masih serba murah, masih gampang dijumpai baju batik dengan kualitas lumayan seharga US$4. Jangan lupa di yogya orang musti merasakan naik becak, keliling Yogya kota lama sekitar Rp.50 000, sebaiknya ajaklah tukang becak makan bersama kita juga..kasihan melihatnya :)
Makanan masih banyak yang murah dan enak dengan lokasi yang nyaman juga. Makan gudeg di bu Djum dengan harga Rp.9000 masih dapat nasi gudeg lengkap dengan ayam, krecek.
7 Jam di Yogya cukuplah putar-putar di Malioboro, kraton, dan belanja di pasar Bringharjo. Selain juga cari oleh-oleh Bakpia Pathok, Batik, coklat Monggo asli yogya jangan lupa. Juga makan rujak sampil duduk di alun-alun asyik juga.
Gak kerasa waktu berjalan and i have to move to other place..back to central station then take another train move to another place..

Yogyakarta 5 August 2009

No comments: