Monday, August 17, 2009

Singapore


Gak pernah kepikir mau jalan-jalan di Singapore, maklum aku bukan hobi belanja, kata teman-teman di Singapore memang hanya cocok buat yang hobi belanja. Dan ternyata aku pikir emang itu benar. Dari Bandung ada flight langsung ke Singapore pakai Air Asia harga normal sekitar 1 jt rupiah return, well..lebih murah dibanding flight ke Padang yang rata2 800 ribu rupiah one way. Hotel di Singapore jauh lebih mahal dari Kuala lumpur, dengan harga sekitar 100 S$ hanya dapat hotel bintang 3 dengan free american breakfast (telor ceplok, roti bakar dan daging/ayam fillet), jangan pernah membayangkan macam hotel bintang 3 di Indonesia atau Malaysia, hotel disini boleh dibilang kecil ruangannya, sempit gitu, ibaratnya mau geser pantat pun susah.
Untuk komunikasi, bahasa inggris memang sebagai official langguage, tapi bagiku bahasa inggris orang singapore susah dipahami, terlalu kental accent nya. Bahasa melayu banyak orang mengerti juga, jadi gak masalah di singapore mau bahasa indonesia atau melayu, masih lah bisa komunikasi.
Soal makanan, harus extra hati-hati untuk bisa mendapatkan makanan halal, walau begitu banyak juga dijumpai restoran dengan label halal yaitu yang aku tahu di sekitar middle road dekat selegie road, yang pasti di Arab district (Arab road) akan banyak dijumpai makanan halal.
Harga makanan sekali makan habis sekitar 6S$ sudah kenyaangg..
Transportasi, paling gampang naik MRT/LRT, pakai kartu easy link akan dapat balance 15S$, one way travel habis sekitar 1.5S$. Easy link card bisa juga dipakai untuk bis. Jangan coba-coba naik taksi dijam jam sibuk karena akan mahal sekali, bisa dua kali lipat. Aku naik taksi dari suntec sampai selegie road kalau jam biasa cuma 5$S bahkan bisa cuma 4$S, tapi begitu jam sibuk dimana orang pulang kerja (sekitar jam 19.00) harga menjadi dua kali lipat.
Bagi yang suka belanja and nongkrong di mall, mungkin singapore tempat paling cocok, dimana-mana adalah mall. Jalan yang paling beken di singapore adalah orchad road, sepanjang jalan adalah mall. Walau begitu mall ada dimana-mana. Kalo mau belanja hanphone atau kamera yang murah di simlin, kata temanku sebaiknya jangan beli di lantai bawah, jadi musti naik ke lantai 3 atau 4 untuk dapat harga yang miring
Tempat lain yang menarik dikunjungi adalah Little India, atau kampungnya orang-orang india. Ada pasar yang banyak menjual barang=barang ala india, termasuk barang-barang untuk sembahyang orang Hindu india. Bagi yang suka film-film india mungkin cocok juga keluyuran di daerah ini.
Arab district yang terletak di seputar arab road juga tempat yang bagus untuk dikunjungi. Banyak bangunan tua di wilayah ini. Yang pasti masjid yang besar dan indah ada di wilayah ini yaitu masjid Sultan. Ada juga masjid hajjah fatimah. Masjid-masjid kecil lainnya banyak juga dijumpai di lain tempat di singapore. Kalau beli suvenir aku sarankan di kampung arab ini, yaitu di depan masjid sultan, karena harganya lebih murah di banding di little india ataupun di orchad road. Makan pun di kampung arab cukup murah, martabak dengan harga 6S$ gak habis buat makan bertiga, karena banyaakkk and besar banget porsinya.
Tempat lain yang layak dikunjungi adalah Sentosa island, konon pulau ini dibangun dari pasir indonesia, kali aja dari pasir2 belitung..ga taulah, yang pasti pulau ini cukup nyaman bagi yang suka berenang di laut, tapi ya jangan harap buat surfing ya...dipulau ini gak ada ombak, cuma ada pasir putih and pohon kelapa.
Yang pasti singapore cukup bersih and nyaman buat pejalan kaki...dan cukup membuat hati sedihhhh..mengapa negara yang sekecil itu yang gak punya sumber daya alam sama sekali tapi lebih kaya dibanding indonesia yang cukup punya apa2...

Fragrance hotel Singapore 11-15 August 2009

No comments: