Saturday, May 02, 2009

Catatan dari Pulau Dua, Enggano


Tidak jauh dari Enggano, ada pulau kecil namanya pulau Dua, pulau ini bisa kita lihat kearah timur dari Pelabuhan Kai Apu, Enggano. Dari jauh pulau ini tampak tidak berpenghuni, namun jika kita datang ke sana, akan tampak kehidupan, yang mengingatkanku akan film Robinson Cruso. Sebut saja Kakek dan Nenek, sepasang sejoli tua yang amat sangat saling mencintai adalah penghuni setia pulau ini. Tidak ada orang selain mereka dengan pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi sampai puluhan meter, burung-burung bangau, beo, beberapa ekor kera yang membantu mereka memetik kelapa, hutan tropis lebat dibelakan rumah mereka, pantai pasir putih merupakan bagian halaman rumah mereka.
Bagi saya mereka adalah inspirasi buat kehidupan, tidak banyak menuntut, hidup hanya menerima, memanfaatkan, menjalani yang ada..Setiap pagi nenek sibuk menyabut buah kelapa, membuat ikan asin, membereskan rumah, menyiapkan makan etc sedangkan kakek merawat kapal, pergi keladang atau pergi mencari ikan, atau pergi ke Malakoni ibukota kecamatan menjual ikan asin dan hasil panenan kelapa atau hasil kebun lainnya. Senja menjelang kakek baru pulang disambut nenek. Sungguh pemandangan yang membuat iri.
Buat apalah hidup di kota dirumah sempit, rumah kardus etc yang tidak layak dihuni oleh siapapun, tanpa kerja, jadi pengemis etc..seandainya semua orang punya pikiran seperti kakek nenek itu, terntu kota-kota besar tidak akan menampakkan hiasan-hiasan kemiskinan itu.
Tidaklah menjadi masalah bagi kakek nenek hidup tanpa listrik, tanpa TV, Radio etc..cukuplah cinta diantara mereka yang selalu tumbuh dengan kuat...
Ini bukan cerita dongeng, tapi realitas..masih banyak tempat di Indonesia tercinta untuk mengadu nasib, menjalani hidup dengan lebih berguna..selama kita mau bekerja keras dan berusaha, rejeki ada dimana saja..

Indian Ocean 5 April 2009

Foto: kakek, nenek dan salah satu ABK kami Aseen

No comments: