Sunday, April 20, 2008

Texel


Texel adalah pulau kecil terletak diutara Belanda, di north sea. Untuk mencapainya, dari Amsterdam Central station, naik kerata arah Den Helder (Sekitar 12 euro sekali jalan). Turun Sampai stasion Den Helder. Dari Stasion Den Helder, naik Bis no 33 menuju pelabuhan Ferry (sekitar 2 euro). Dari pelabuhan naik Ferry sekitar 3.5 euro sekali jalan ke Texel.
Ada banyak "cottage" di Texel. Pulau ini bisa dibilang sebagai pulau Turis. Kalau spring-summer amat ramai oleh turis. Apa yang dilihat disana? Yang pasti aku bisa bilang pulau Domba, habis banyak sekali domba yang merumput diatas dike (Dam). Banyak pertanian tanaman Rab (untuk minyak). Disini selain terkenal dike dan dombanya, juga mercusuar nya. Selain itu ada juga sanctuary anjing laut. Ada juga "ecomare" disini bisa liat berbagai jenis ikan juga anjing laut dalam aquarium besa. Yang pasti pantai dengan pasir coklat siap menanti kalian untuk berenang di musim panas.
Akomodasi di Texel, saya bisa bilang lebih murah daripada di Pulau Seribu. Contoh saya menginap di Tubantia, kena charge 25 euro permalam. Padahal akomodasi disitu macam single appartemen lengkap dengan peralatan masak dan dua tempat tidur. Ruangan terdiri dari dua lantai, lantai atas ruang tidur dan toilet. Lantai bawah sofa dan dapur. Ada juga Balkon. Jadi murah kan?
Tapi dianjurkan untuk tidak ke Texel selama winter atau fall, yang pasti dijumpai di pulau ini ya badai, hujan dan pasti dingin sekali buat kita orang tropis.

No comments: